Disaat detikOto sedang melintasi satu dealer Suzuki di kawasan Jakarta Timur, Rabu (22/3/2011) tidak sengaja terlihat sebuah penampakan baru dari Suzuki Hayate, motor yang menggunakan pemain sepakbola Irfan Bachdim sebagai brand ambassadornya.
Tak sabar ingin mengetahui lebih jelas, detikOto pun langsung memarkirkan kendaraan tepat di dealer Suzuki tersebut. "Iya, baru saja datang mas," kata penjaga showroom ketika detikOto bertanya benarkah itu Hayate.
Dari segi desainnya, Hayate tampak berbeda dengan Skywave yang akan dgantikannya. Perbedaan kedua skutik bongsor ini tampak dari bagian depan hingga belakang.
Hanya saja untuk bagian mesin masih menggunakan 125 cc yang sama dengan yang digunakan Skywave. Mungkin Suzuki merasa mesin berkekuatan 9,6 hp ini sudah cukup mampu mendobrak Hayate ke kecepatan puncaknya.
sponsored link:
Lalu berapakah kira-kira harganya? "Harga masih tentative mas, tapi kalau kata pusat sekitar 14,3 juta, naik sedikit dari Skywave," pungkas si penjaga yang tidak mau namanya disebutkan.
Selintas kendaraan ini mirip dengan Suzuki Skywave. Suzuki Hayate masih menonjolkan tubuh agak besar walaupun memiliki panjang yang lebih pendek bila dibandingkan dengan Suzuki Skywave.
Terlihat pula perbedaan pada bagian headlamp dan lampu belakang. Kedua bagian yang bertugas untuk menyinari jalan itu tampil lebih fresh pada Suzuki Hayate.
Kalau pada bagian head lamp depan yang ditampilkan Skywave adalah twin headlamp ini berbentuk 'V' yang agak memanjang keatas, namun dipisahkan dengan body. Sedangkan yang ditonjolkan Suzuki Hayate kali ini twin head lamp berbentuk 'V' yang agak melebar kesamping tanpa dipisahkan dengan body.
Sedangkan pada head lamp belakang yang ditampilkan Hayate kali ini memiliki dua mata. Namun yang berbeda kendaraan ini memiliki lampu sen yang berada di bawah head lamp belakang.
Sedangkan pada bagian stang motor ini memiliki bentuk yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Skywave. Namun pada bagian leher Hayate, kendaraan ini masih menampilkan bentuk yang sama seperti Skywave dengan terbagi dua tempat untuk menaruh sesuatu atau botol.
Suzuki Hayate ini juga memiliki perbedaan pada bagian kunci kontak. Pada suzuki Skywave apabila kita ingin membuka jok, maka kita harus menekan kunci baru memutarkan kekiri.
Sedangkan pada Suzuki Hayate kali ini tidak perlu menekan tetapi langsung diputar kesebelah kiri. Dan apabila Suzuki Hayate memutar kunci sambil ditekan maka secara otomatis suzuki Hayate ini akan mengunci.
Namun persamaan Hayate dan Skywave terletak pada bagian Mesin. Mesin Hayate sama persis dengan yang ditawarkan dengan suzuki Skywave. Namun terdapat perbedaan sedikit pada bagian pendingin mesin. Pada suzuki Hayate pendingin mesin berada di depan mesin, sedangkan pada suzuki Skywave pendingin berada di atas mesin.
Berikut spesifikasi lengkap Suzuki Hayate
Dimensi | |
Panjang Keseluruhan | 1925 mm |
Lebar Keseluruhan | 670 mm |
Tinggi Keseluruhan | 1070 mm |
Jarak antar As roda (wheelbase) | 1285 mm |
Ground clearance | 140 mm |
Berat | 113 kg |
Rangka | |
Tipe | Under bone |
Suspensi depan | Teleskopik, pegas ulir, peredam oli |
Suspensi belakang | Lengan ayun, tabung ganda, pegas ulir, peredam oli |
Rem depan | Cakram hidrolis |
Rem Belakang | Tromol |
Ukuran ban depan | 70/90-16M/C 36P |
Ukuran ban belakang | 80/90-16M/C 43P |
Transmisi | |
Kopling | Kering, otomatis, tipe sentrifugal |
Sistem penggerak | Super CVT dengan V-Belt |
Mesin | |
Jenis | 4 langkah, SOHC |
Sistem pendingin | Pendingin udara |
Jumlah silinder | 1 (satu) |
Diameter silinder | 53,5 mm |
Langkah piston | 55,2 mm |
Kapasitas silinder | 124 cc |
Rasio kompresi | 9,6:1 |
Daya maksimum | 9,6 PS @ 8.000 rpm |
Torsi maksimum | 9,8 Nm @ 6.000 rpm |
Karburator | Mikuni BS-26 |
Saringan udara | Elemen kertas |
Sistem starter | Listrik dan Engkol |
Kelistrikan | |
Pengapian | DC CDI (digital)/spark ignition |
Tipe busi | NGK C6HSA/ND U20FS-U |
Accu | 12 V (3,5 Ah)/10HR |
Kapasitas | |
Bagasi bawah jok | 17,7 liter |
Tangki bensin | 5 liter |
Oli mesin | |
-Penggantian | 1.000 ml |
-Pembongkaran | 1.200 ml |
detik.com
2 komentar:
nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update! Model mobil
Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga
kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! body mobil
Post a Comment